E-commerce (Electronic Commerce)
merupakan sistem bisnis berbasis media elektronik, seperti radio dan televisi.
Berhubung sistem e-commerce lebih dikenal oleh masyarakat luas ketika intenet
digunakan sebagai media elektroniknya, maka masyarakat luas banyak yang
beranggapan bahwa E-commerce merupakan bisnis berbasis internet sebagai
medianya.
Internet memperluas peluang transaksi
E-commerce dari business-to-business dan business-to-consumer secara lintas
daerah. Khususnya untuk business-to-consumer, internet membuat revolusi
potensial dalam perdagangan global, yaitu individualisasi perdagangan. Internet
memudahkan pembeli untuk transaksi beda negara tanpa harus pergi ke negara
penjual. Internet memungkinkan penjual untuk memajang etalasenya dalam bentuk
halaman web dan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat di seluruh dunia.
Secara umum kita dapat mengartikan e-commerce
sebagai satu set dinamis teknologi ,aplikasi, dan proses bisnis yang
menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi
elektronik untuk melakukan perdangan barang/asa, pembelian, pelayanan(serice),distribusi,dari
sebuah produk yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan Internet atau
jaringan komputer lainnya. E-commerce melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system
pengumpulan data otomatis.
Sementara itu, Kalakota dan Whinston
mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, antara lain sebagai berikut
:
v Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan
jasa, melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
v Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi
transaksi bisnis.
v Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk
mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
v Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan
membeli barang melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas
pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen pembeli, penjual, barang
dan jasa, media yang digunakan dalam hal ini adalah internet.
SUMBER :
http://dhayhat-crew.blogspot.com/2013/07/e-commerce.html
http://ssepriyani.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html
Komentar
Posting Komentar