Minggu, 04 Januari 2015

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MATLAB



Matlab (matrix laboratory) adalah merek software yang dikembangkan oleh Mathworks.Inc. Merupakan sebuah bahasa pemograman tingkat tinggi, yang sering digunakan untuk teknik  menganalisis dan mengkomputasi numerik, yaitu dalam penyelesaian masalah-masalah yang melibatkan operasi matematika seperti elemen, matrik, optimasi, aproksimasi dan lain-lain. Matlab juga  membawa keistimewaan dalam fungsi-fungsi fisika, statistik, dan visualisasi.  Matlab banyak digunakan pada :


1.      Matematika dan komputasi
2.      Pengembangan dan algoritma
3.      Pemograman modeling, simulasi, dan pembuatan prototipe
4.      Analisa data, eksplorasi dan visualisasi
5.      Analisis numerik dan statistik
6.      Pengembangan aplikasi teknik



 
Selain itu matlab juga digunakan dalam area penerapan matematika baik bidang pendidikan maupun penelitian pada universitas dan industri. Dengan matlab, maka perhitungan matematis yang rumit dapat diimplementasikan dalam program dengan lebih mudah.
Matlab diciptakan pada akhir tahun 1970-an oleh Cleve Moler, yang kemudian menjadi Ketua Departemen Ilmu Komputer di Universitas New Mexico. Ia merancangnya untuk memberikan akses bagi mahasiswa dalam memakai LINPACK dan EISPACK tanpa harus mempelajari Fortran.
Karyanya itu segera menyebar ke universitas-universitas lain dan memperoleh sambutan hangat di kalangan komunitas matematika terapan. Jack Little, seorang insinyur, dipertemukan dengan karyanya tersebut selama kunjungan Moler ke Universitas Stanford pada tahun 1983.
Menyadari potensi komersialnya, ia bergabung dengan Moler dan Steve Bangert. Mereka menulis ulang MATLAB dalam bahasa pemrograman C, kemudian mendirikan The MathWorks pada tahun 1984 untuk melanjutkan pengembangannya. Pustaka yang ditulis ulang tadi kini dikenal dengan nama JACKPAC. Pada tahun 2000, MATLAB ditulis ulang dengan pemakaian sekumpulan pustaka baru untuk manipulasi matriks, LAPACK.
Matlab pertama kali diadopsi oleh insinyur rancangan kontrol (yang juga spesialisasi Little), kemudian menyebar secara cepat ke berbagai bidang lain. Kini matlab digunakan di bidang pendidikan, khususnya dalam pengajaran aljabar linear dan analisis numerik, serta populer di kalangan ilmuwan yang menekuni bidang pengolahan citra.
Program interface ini terus mengalami perkembangan dari yang awalnya merupakan proyek LINPACK dan EISPACK dikembangkan menggunkan bahasa FORTRAN, selanjutnya berkembang dengan menggunkan bahsa C++ dan assembler(utamanya untuk fungsi-fungsi dasar MATLAB).
Sekarang matlab telah berkembang menjadi sebuah environment pemrograman yang canggih. Hal ini dikarena kebutuhan yang tinggi terhadap program komputer yang menyediakan tools komputasi, pemodelan dan simulasi dengan berbagai fasilitasnya, maka berbagai fitur ditambahkan kepada Matlab dari tahun ke tahun. Matlab kini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yaitu Simulink, Toolbox, Blockset, Stateflow, Real Time Workshop, GUIDE dan lain-lain. Selain itu hasil dari program Matlab sudah dapat diekspor ke C/C++, Visual Basic, Fortran, COM, Java, Excel, dan web/internet. Dengan demikian hasil dari Matlab dapat dikompilasi dan menjadi program yang waktu eksekusinya lebih cepat, serta bisa diakses dengan berbagai cara.
Selain Matlab sebenarnya sudah ada beberapa software komputasi lain yang sejenis, namun tidak selengkap dan berkembang sebagus Matlab. Selain itu Matlab tersedia untuk bergai platform komputer dan sistem operasi. Hingga kini Matlab tetap menjadi software terbaik untuk komputasi matematik, baik di dunia komputer Macintosh maupun PC, yang sistem operasinya Windows ataupun Linux/Unix.

SUMBER : 

http://wongmichael.wordpress.com/2012/10/21/178/