Gambar 3.1 Contoh Kegiatan di Pasar Apung Tradisional |
Pasar merupakan
tempat bagi para pelaku ekonomi untuk melakukan semua kegiatan ekonomi, seperti
kegiatan menjual ataupun kegiatan membeli. Secara luas pasar dapat diartikan
sebagai tempat berinteraksinya penjual dan pembeli dalam menetapkan harga
barang/ jasa yang akan diperjual
belikan.
Segala kegiatan
yang berjalan dalam suatu pasar dapat mempengaruhi perekonomian dari suatu Negara,
jika pasar perekonomian suatu Negara dapat berjalan dengan cepat dan teratur,
dapat memberikan dampak perekonomian yang sangat menguntungkan bagi kehidupan
dinegara tersebut, namun akan terjadi sebaliknya jika pasar perekonomiannya
tidak berjalan dengan lancar, dimana terdapat penyelewengan-penyelewengan dari
orang-orang yang mengatur pasar tersebut.
- Fungsi Pembentukan Harga : Fungsi pembentukan harga. artinya pasar merupakan tempat dalam menentukan harga (nilai) suatu barang karna pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang saling berinteraksi atau saling tawar menawar sehingga memunculkan suatu kesepatakan suatu harga (nilai) barang tersebut.
- Fungsi Distribusi : Fungsi Distribusi. artinya pasar memudahkan produsen dalam mendistribusikan suatu barang kepada konsumen atau pembeli secara langsung.
- Fungsi Promosi : Fungsi Promosi. artinya pasar merupakan tempat yang paling cocok bgi produsen dalam memperkenalkan atau mempromosikan barangnya kepada konsumen.
Berdasarkan strukturnya
pasar dibedakan menjadi 4 bentuk, yaitu :
a. Pasar
Persaingan Sempurna : murni adalah pasar di mana terdapat banyak penjual dan
pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.
Gambar 3.2 Contoh Pasar Pesaingan Sempurna |
Pasar
persaingan sempurna memiliki ciri-ciri berikut ini.
1) Banyak
penjual dan pembeli.
2) Barang yang
diperjualbelikan sejenis (homogen).
3) Penjual
maupun pembeli memiliki informasi yang lengkap tentang pasar.
4) Harga
ditentukan oleh pasar.
5) Semua faktor
produksi bebas masuk dan keluar pasar.
6) Tidak ada
campur tangan pemerintah. Contoh pasar persaingan sempurna antara lain pasar
hasil-hasil pertanian.
b. Pasar
Monopoli : adalah pasar yang terjadi apabila seluruh penawaran terhadap sejenis
barang pada pasar dikuasai oleh seorang penjual atau sejumlah penjual tertentu.
Pada pasar monopoli terdapat ciri-ciri berikut ini.
Gambar 3.3 Contoh Pasar Monopoli PLN yang Memonopoli Pasar Listrik di Indonesia |
a) Hanya ada
satu penjual sebagai pengambil keputusan harga (melakukan monopoli pasar).
b) Penjual lain
tidak ada yang mampu menyaingi dagangannya.
c) Pedagang
lain tidak dapat masuk karena ada hambatan dengan undang-undang atau karena
teknik yang canggih.
d) Jenis barang
yang diperjualbelikan hanya semacam.
e) Tidak adanya
campur tangan pemerintah dalam penentuan harga, contoh: PT Pertamina (persero),
PT Perusahaan Listrik Negara (persero), dan PT Kereta Api (persero).
c. Pasar
Persaingan Monopolistis : adalah pasar dengan banyak penjual yang menghasilkan
barang yang berbeda corak. Pasar ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan
perdagangan eceran. Misalnya jasa salon, angkutan, toko obat/apotik, dan toko
kelontong.
Gambar 3.4 jasa Angkutan Umum TransJakarta yang dipasarkan oleh Pemerintah Jakarta |
Pada pasar
persaingan monopolistik terdapat ciri-ciri berikut ini.
a) Terdiri atas
banyak penjual dan banyak pembeli.
b) Barang yang
dihasilkan sejenis, hanya coraknya berbeda. Contoh: sabun, pasta gigi, dan minyak
goreng.
c) Terdapat
banyak penjual yang besarnya sama, sehingga tidak ada satu penjual yang akan
menguasai pasar.
d) Penjual
mudah menawarkan barangnya di pasar.
e) Penjual
mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan memengaruhi harga pasar.
f) Adanya
peluang untuk bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual.
d. Pasar
Oligopoli : adalah pasar yang hanya terdiri atas beberapa penjual untuk suatu
barang tertentu, sehingga antara penjual yang satu dengan yang lainnya bisa memengaruhi
harga. Contoh:
perusahaan
menjual mobil dan sepeda motor, perusahaan rokok, industri telekomunikasi, dan
perusahaan semen.
Pasar oligopoli mempunyai ciri-ciri berikut ini.
Gambar 3.5 Perusahaan yang Menjual Mobil yang Tersebar di Dunia |
a) Hanya
terdapat sedikit penjual, sehingga keputusan dari salah satu penjual akan
memengaruhi penjual lainnya.
b)
Produk-produknya berstandar.
c) Kemungkinan
ada penjual lain untuk masuk pasar masih terbuka.
d) Peran iklan
sangat besar dalam penjualan produk perusahaan.
SUMBER :
https://liquidred.wordpress.com/2011/04/09/jenis-jenis-pasar/
https://static.crowdvoice.com/uploads/23bjMXv_1429545111221_4GBQ1otkKgkR4IEGfoCeD3k7A
http://i.okezone.tv/photos/2014/11/10/17154/106852_medium.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgs1q3YSi6XEvOpOGsLQQ5-Me90FN3beix9y2XO1koE0VCvWSXoYH431nK_wzUCP6EoM8dOFnJ60HYaDy4RrkVAyN8jsW7toPGWat49hB1adwCWXTYuaF2tkbUcU0zexxmMNgJdxDZk1dM/s1600/Pasar+persaingan+Sempurna.jpg
http://medanbisnisdaily.com/imagesfile/201408/20140814092031_751.gif
https://static.crowdvoice.com/uploads/23bjMXv_1429545111221_4GBQ1otkKgkR4IEGfoCeD3k7A
http://i.okezone.tv/photos/2014/11/10/17154/106852_medium.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgs1q3YSi6XEvOpOGsLQQ5-Me90FN3beix9y2XO1koE0VCvWSXoYH431nK_wzUCP6EoM8dOFnJ60HYaDy4RrkVAyN8jsW7toPGWat49hB1adwCWXTYuaF2tkbUcU0zexxmMNgJdxDZk1dM/s1600/Pasar+persaingan+Sempurna.jpg
http://medanbisnisdaily.com/imagesfile/201408/20140814092031_751.gif
Komentar
Posting Komentar