Minggu, 05 Oktober 2014

Mana yang Menang ? ISD Vs IPS






Semenjak kita memasuki bangku SD sampai SMA pasti kita akan mendapatkan mata pelajaran IPS. Jika ditanya mengenai apa itu IPS? Pasti kebanyakan orang, akan menjawab IPS adalah Ilmu Pengetahuan Sosial yang mempelajari kehidupan bersosialisasi antar manusia.  

Tapi coba kita bertanya apakah arti dari ISD ? Pasti kebanyakan orang akan bingung untuk menjawabnya bahkan mungkin tidak tahu ISD itu singkatan dari apa.  Terutama orang awam yang tidak berkesempatan merasakan bangku perkuliahan !
Oleh karena itu saya akan menjelaskan pengertian ISD dan perbedaannya dengan IPS.
ISD atau Ilmu Sosial Dasar adalah Ilmu yang mempelajari atau menelaah mengenai masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang di dalam masyarakat Indonesia. Yang dipelajari ketika kita memasuki bangku Perguruan Tinggi. Artinya ilmu sosial dasar diberikan dalam rangka meningkatkan daya tangkap, penalaran dan persepsi mahasiswa sehingga  lebih peka lagi, terhadap konsep-konsep pengetahuan dasar mengenai gejala-gejala sosial yang ada dimasyarakat.
ISD bukanlah disiplin ilmu yang mencangkup beberapa ilmu – ilmu sosial yang digabungkan. Karena ISD tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri, sehingga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagaimana  suatu disiplin ilmu.
Sedangkan IPS dapat diartikan juga sebagai sesuatu yang mengkaji atau menelaah tentang kehidupan masyarakat. Dimana kajian itu diambil dari berbagai perspektif sosial, memalui pengajaran sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik-pemerintahan, dan aspek psikologi sosial. Yang merupakan disiplin ilmu, kerena memiliki obyek dan metedo ilmiah dalammengembangkan suatu penelitian.
Tetapi IPS juga dapat diartikan sebagai suatu perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial, yang diungkapkan oleh Moeljono Cokrodikardjo.
Karena itulah ISD dan IPS memiliki perbedaan yang agak sedikit mencolok satu dengan yang lain halaupun sama-sama membahas masalah sosial dalam masyarakat terutama di Indonesia. Berikut perbedaan keduanya :
·        ISD dipeljari ketika kita memasuki perguruan tinggi, sedangkan IPS sudah kita pelajari semenjak kita SD hingga SMA/SMK.
·        ISD merupakan mata kuliah tunggal edangkan IPS merupakan gabungan dari beberepa mata pelajaran (untuk sekolah lanjut)
·        ISD bukan merupakan disiplin ilmu yang memiliki obyek dan metode dalam pengembangan penelitiansedangkan IPS merupakan disiplin ilmu.
·        ISD lebih bertujuan pada pembangunan karakter seseorang (sikap dan kepribadian). Sedangkan IPS lebih bertujuan pada pembentukan daya Intelektual (pengetahuan dan keterampilan)

Referensi :