Minggu, 05 Oktober 2014

Seni Bela Diri Asal Sunda



 “Tarung Drajat / Aa Boxer”




          Beladiri di indonesia bukan hanya Panca Silat yang telah berhasil dikenal sampai ke mancanegara sekarang ini. Tetapi, ada juga beladiri yang berasal dari Jawa Barat yaitu Tarung Derajat atau yang sering disebut AA Boxer. Tarung drajat ini, baru juga saya kenal ketika mengikuti PPSPPT fakultas di universitas yaitu Universitas Gunadarma. Terima kasih Gunadarma ! 
Haji Achmad Dradjat
Tarung derajat sendiri berdiri pada tanggal 18 Juli 1972. Awalnya nama beladiri Tarung Derajat diambil dari nama sang guru besar yang sampai sekarang masih hidup, ini merupakan salah satu bentuk penghormatan dari KONI (Komite Olahraga Nasional Indoneia) kepada sang guru, yaitu Haji Achmad Dradjat, Drs yang akrab di sapa ‘AA Boxer’. Tetapi sang guru beranggapan itu kan menjadi suatu kesombongan jika menggunakan namanya, sehingga diganti menjadi “Tarung Derajat” (Tarung/Bertarung  adalah berjuang dan Derajat adalah harkat martabat kemanusiaan). Beladiri ini muncul dari riwayat perjalanan dan pengalaman hidup sang guru yang sangat berat.
Setelah masuknya tarung Derajat menjadi anggota KONI tahun 1998, dan karena semangat para murid, sekarang Keluarga Olahraga Tarung Derajat/ KODRAT menyebar di 22 provinsi di Indonesia, dan beberapa negara di Asia Tenggara.
Tarung Drajat dapat diartikan sebagai beladiri yang memanfaatkan kemampuan daya otot, otak, dan nurani secara realistis dan rasional, khususnya dalam upaya penguasaan dan penerapaan 5 daya gerak moral yaitu :


·        Kekuatan  
·        Kecepatan
·        Ketepatan
·        Keberanian 
·        Keuletan


Dimana kelimanya diterapkan pada sistem pertahaan dan ketahaan diri yang agresif dan dinamis pada bentuk-bentuk  gerakan pukulan, tendangan, kuncian, tangkisan, bantingan, hindaran dan gerakan tubuh efektif lainnya yang  merupakan gerakan dasar dari semua olahraga seni beladiri.
Gerakan dan jurus serta metode latihan yang berdasarkan kemampuan alami, yang sebenarnya telah dimiliki semua manusia kemudian dikembangkan secara mandiri, inilah yang mendasari lahirnya sebuah prinsip hidup Tarung Derajat “Jadikanlah dirimu oleh Diri Sendiri”.
SEA Games Palembang 2011
            Sekarang ini Tarung Derajat resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai pelatihan dasar oleh TNI Angkatan Darat. Prestasi lain yang diraih KODRAT adalah berhasil dikenalkan pada 2011 SEA Games di Palembang, namun tidak berhasil diikut sertakan pada SEA Games di Myanmar. Selain itu Tarung Derajat juga sudah menjadi exschool di beberapa sekolah dan juga universitas. Salah satu universitas yang mempunyai exschool Tarung Derajat adalah Universitas Gunadarma.
Sumber :
http://tarungderajatbekasi.wordpress.com/