Selasa, 25 November 2014

Peran Sebagai Warga Negara Indonesia dalam Penegakan Hukum Pada Diri Sendiri dan Orang Lain

Pada dasarnya penegakan hukum di Indonesia merupakan hak dan tanggung jawab seluruh warga negara Indonsia. Bukan hanya tugas pemerintah, polisi, dan TNI, tetapi tugas bagi seluruh warga negara untuk turut berpartisipasi dalam penegakan dan pengawasan jalannnya hukum di negara kita. Sebagai negara yang berlandaskan pada Pancasila, sebagai Hukum tertinggi, hukum tidak boleh berat sebalah atau memihak pada yang berkuasa.  
Oleh sebab itu, penegakan hukum akan berjalan lancar jika sebelumnya kita terlebih dahulu menegakkan hukum pada diri sendiri. Hal ini dapat dilakukan dengan jiwa dan sikap yang jujur dalam bertindak dan berpegang teguh pada peraturan yang ada. Contohnya :
·         Tidak melakukan kecurangan dalam bentuk apapun
·         Selalu mengikuti tata tertib yang ada dilingkungan tempat tinggal, kerja, atau sekolah
·         Berpegang teguh pada pancasila, dan lain sebagainya
Jika kita telah berhasil menegakkan hukum pada diri kita, selanjutnya kita dapat dapat bertindak dalam penegakan hukum pada orang lain. Sebab kadang kala orang lain akan mendengarkan, jika si penegur telah berbuat benar terlebih dahulu.  Penegakan hukum pada orang lain dapat dilakukan dengan memberikan teguran, atau jika orang tersebut telah melakukan tindakan kriminalitas, kita harus melaporkannya pada pihak berwajib.

Dengan demikian, kita sebagai pemuda generasi penerus bangsa harus bisa mencerminkan Pancasila pada diri kita sendiri masing-masing. Sehingga penegakan hukum di Indonesia dapat berjalan baik, dan benar. Dan tidak ada yang merasa di anak tirikan, dikarnakan tidak memiliki kekuasan dan harta yang berlimpah. Sehingga terjadi kesenjangan sosial dalam penegakan hukum di Indonesia.