Rabu, 31 Desember 2014

KPOP STAR




Salah satu acara reality show tv korea (SBS) berseri, tentang  ajang kompetisi pencarian bakat menyanyi dan dance yang sangat terkenal saat ini dikorea, dan juga didunia. Yang dijuri dari tiga Agency Entertaiment terbesar dikorea.
Yang membedakan acara ini dengan ajang pencarian pada umumnya adalah hadiah yang diterima oleh si pemenang, yaitu mendapatkan hadiah uang $300.000 (3M), dua mobil keluaran terbaru, dan berkesempatan untuk memilih agency yang diinginkan dari ketiga agency yang ada. Ketiga agency yang menjadi juri di kpop star adalah  JYP, YG, dan SM.
Perwakilan dari setiap agency adalah para bos agency tersebut, kecuali SM yaitu Park Jin Young (JYP), Yang Hyun Suk (YG), dan BoA (SM).
Ketiga agency ini telah banyak mengeluarkan penyanyi, girlband, dan boyband terkenal di korea dan dunia saat ini. Selain itu para pesertanya yang telah masuk menjadi 10 besar diberikan kesempatan untuk di pilih dari ketiga agency yang ada, dan agency besar lain. Untuk memulai debut mereka di dunia entertaiment.
Selain itu yang menarik dari program ini, audisi bukan hanya dilakukan di korea selatan tetapi babak audisi akan dilakukan juga dengan berkeliling dunia ke asia, eroupa, amerika selatan, amerika utara, dan australia. Banyak para pesertanya yang mendaftar yang berasal dari luar negeri adalah  orang-orang yang memiliki banyak penghargaan, dan menang dari kontes-kontes terkenal didunia.
Acara ini, akan ditayangkan secara live setelah mendapatkan TOP 10, setelah melalui 6 tahap
1.       Applications + Preliminary auditions
Para peserta mendaftar melalui telephon atau online selalma musim panas. Dan akan dilakukan audisi pertasa oleh para staf produksi yang memiliki kemampuan dan juga para penyayi dan idol dari ketiga ageny.
2.       Telent Audition
Disini barulah para peserta dapat menunjukkan bakatnya pada para juri
3.       Ranking Audition
Disini para peserta akan dibagi menjadi tiga kelompok yang akan ditutori oleh para juri selama satu minggu. Kemudian mereka akan diaudisi setelah dibagi lagi menjadi sub grup berisi 7 orang, disini mereka akan dieleminasi lagi oleh para juri.
4.       Casting Audition
Pada tahap ini para peserta akan diberikan 2 minggu untuk mempersiapkan dirinya. Untuk menunjukkan bakat, kemampuan, dan skill yang telah mereka latih. Disini mereka harus di casting setidaknya oleh satu angency.
5.       Battle Audition
Setelah dicasting oleh ketiga agency. Para peserta akan ditutori oleh para juri lagi.  Ini adalah babak terakhir untuk mendapatkan top 10. Disini bisa saja beberapa peserta yang menurut si juri cocok untuk dijadikan girlband/boyband akan dibentuk. Audisi kali ini akan diadakan battle antara para peserta dari ketiga agency, setiap satu peserta/grup masing dari ketiga agency. Dimana akan diberi ranking 1-3. Ranking satu akan masuk top 10, rangking 2 akan di battle lagi sama para peserta yang ranking 2, sedangkan rangking 3 di eleminasi.
6.       Stage Audition
Ini adalah audisi top 10 yang akan ditayangkan secara live, yang dapat ditonton oleh para pendukung masing-masing peserta, dan akan dilakukan selama 9 minggu. Disini disetiap penampilan peserta akan diberi nilai oleh juri, nilai tertinggi adalah 300, bagi peserta yang mendapat nilai yang rendah akan dieliminasi. Tetapi tentunya akan diadakan voting online dan sms.  Penilaian untuk mengeleminasi 70% pendapat juri dan 30% dari voting  dan sms. Para peserta yang selamat kebabk selanjutnya halaupun memiliki nilai rendah, yaitu dari voting dan sms tertinggi, serta wild card dari juri.
Selain berhasil mencari dan mempopulerkan penyayi-penyanyi berbakat seperti Park Ji Min (season 1),Lee Hi (season 1),AKMU (season 2), dan Bernard Park (season 3). KPOP STAR juga memiliki rating penayangan yang sangat tinggi tiap minggu. Dan juga menjadi trending topik tiap minggunya.  Selain itu juga berhasil mendapatkan award SBS Entertainment Awards. 
sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/K-pop_Star 
http://www.soompi.com/2013/01/07/the-top-12-performances-from-k-pop-star-and-superstar-k/