DEFINISI E-COMMERCE


E-commerce (Electronic Commerce) merupakan sistem bisnis berbasis media elektronik, seperti radio dan televisi. Berhubung sistem e-commerce lebih dikenal oleh masyarakat luas ketika intenet digunakan sebagai media elektroniknya, maka masyarakat luas banyak yang beranggapan bahwa E-commerce merupakan bisnis berbasis internet sebagai medianya.
Internet memperluas peluang transaksi E-commerce dari business-to-business dan business-to-consumer secara lintas daerah. Khususnya untuk business-to-consumer, internet membuat revolusi potensial dalam perdagangan global, yaitu individualisasi perdagangan. Internet memudahkan pembeli untuk transaksi beda negara tanpa harus pergi ke negara penjual. Internet memungkinkan penjual untuk memajang etalasenya dalam bentuk halaman web dan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat di seluruh dunia.
Secara umum kita dapat mengartikan e-commerce sebagai satu set dinamis teknologi ,aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik untuk melakukan perdangan barang/asa, pembelian, pelayanan(serice),distribusi,dari sebuah produk yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan Internet atau jaringan komputer lainnya. E-commerce melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, system manajemen inventori otomatis, dan system pengumpulan data otomatis.
Sementara itu, Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, antara lain sebagai berikut :
v  Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, barang dan jasa, melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya.
v  Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis.
v  Perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang.
v  Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli barang melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.
Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen pembeli, penjual, barang dan jasa, media yang digunakan dalam hal ini adalah internet.
SUMBER : 
http://dhayhat-crew.blogspot.com/2013/07/e-commerce.html
http://ssepriyani.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html