HUbungan DEsa dengan KOta



Hubungan desa dengan kota sangatlah erat satu sama lain. Hal ini dikarnakan keduanya memiliki sifat ketergantungan yang tidak dapat dihilangkan. Ketergantungan ini berguna dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap masyarakat yang ada di kota maupun di desa.
Masyarakat desa berguna bagi masyarakat kota dalam kebutuhanbahan-bahan pokok dan baku, seperti : beras, sayur, buah, daging, ikan, dan lain sebagainya. Sedangkan masyarakat desa membutuhkan masyarakat kota untuk dalam mengelolah bahan-bahan baku dan pokok yang telah mereka hasilkan seperti : pembuatan baju,celana, perabotan, makanan instan (mie),roti , dan lain sebagainya.
Masyarakat kota dibutuhkan juga dalam bidang jasa, seperti : para mahasiswa lulusan pertanian dan pertenakan yang datang kedesa untuk menunjukan teknik-teknik bercocok tanam dan perawatan hewan ternak yang tepat menurut musimnya, sehingga tingkat kerugian para petani/peternak dapat berkurang. Selain itu dalam bidang kesehatan, pendidikan, pemasangan listrik ke pelosok-pelosok pedesaan. Dan lain sebagainya.
Terlepas dari apakah itu masyarakat desa atau masyarakat kota, yang perlu diperhatikan adalah kehidupan didalammya yang harus dijalankan dengan toleransi dan menghargai perbedaan satu dengan yang lainnya. Dikarenakan adat, kebiasaan, pola interaksi dan tingkat loyalitas antara masyarakat desa dan  masyarakat sangat berbeda. Dengan demikian, kita sebagai masyarakat kota tidak boleh memandang rendah atau memandang sebelah mata masyarakat desa karena jika tidak ada masyarakat desa kita tidak dapat memperoleh bahan - bahan yang penting sebagai penunjang kelangsungan hidup kita.
sumber :