Apa itu Pengertian Hakikat Manusia ?



Hakikat manusia adalah pembentukan kebudayaan dikarenakan manusia dihadapkan pada persoalan yang meminta pemecahan dan penyelesaian. Dalam rangka survive manusia mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya sehingga manusia melakukan berbagai cara. Dimana memiliki peran ataupun fungsi yang harus dijalankan oleh setiap manusia.  Sesungguhnya  hakikat  manusia  adalah mahluk yang bertanggung jawab atas tindakannya dan manusia diberi naluri.
Naluri adalah semacam dorongan alamiah dari dalam diri manusia untuk memikirkan serta menyatakan suatu tindakan. Setiap makluk hidup memiliki dorongan yang dapat diekspresikan secara spontan sebagai tanggapannya kepada stimulus yang muncul dari dalam diri atau dari luar dirinya.
Naluri ini tidak setiap waktu muncul yang baik tetapi kadang muncul naluri kejahata. Namun pada hakikatnya atas tindakan kebaikan maupun kejahatan manusia memiliki tanggung jawab.
Hakikat manusia adalah sebagai berikut ;

  1. Individu yang mmiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intlektual. Yang mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya. 
  2. Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati.

Hakikat Manusia Dalam Wujud dan Sifatnya
     Mengenai wujud sifat hakikat manusia (yang tidak dimiliki oleh hewan), akan dipaparkan oleh paham eksistensialisme dengan tujuan agar menjadi masukan dalam membenahi konsep pendidikan, yaitu:

  1. Kemampuan Menyadari Diri
  2. Kemampuan Bereksistensi
  3. Kata Hati
  4. Moral
  5. Tanggung Jawab 
  6. Rasa Kebebasan
  7. Kewajiban dan Hak
  8. Kemampuan Menghayati Kebahagian 


Menurut Berbagai Sumber

  1. Aliran hindu :manusia adalah makhluk atman (makhluk yang langsung datang dari Tuhan)
  2. Aliran Budha :manusia adalah makhluk sengsara 
  3. Ahli psikologi :manusia adalah perwujudan aktivitas rohani
  4. Pemikir kuno :manusia adalah makhluk manifestasi yang sempurna dari Tuhan 
  5. Aliran biologi :manusia adalah perwujudan ragawi
  6. Socrates :hakikat manusia terletak pada budi pekertinya
  7. Spinosa :hakikat manusia sama dengan hakikat Tuhan dan alam semesta  
  8. Aliran humanisme :manusia adalah makhluk menyeluruh antara ragawi dan rohani.