Apa itu Kasih Sayang ?




Kasih sayang secara umum adalah bentuk perasaan seseorang kepada orang-orang yang paling di anggap berharga dalam hidupnya, orang-orang yang tidak mau ditinggalakan ataupun ditinggalakan. Karena terlalu berarti baginya untuk menjalankan kehidupannya.
Tetapi kasih sayang juga bukan hanya berlaku bagi manusia saja, semua makhluk hidup didunia ini juga memiliki perasaan ini. Mereka bisa saja memiliki perasaan ini kepada sesamanya, maupun kepada makhluk yang lain, sekalipun kepada makhluk yang sebenarnya tergolong sebagai musuhnya. 
Sedangkan pengertian kasih sayang menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yaitu perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka,  sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh.  Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan keluarga.
Dengan demikian, kasih sayang dapat diartikan sebagai perasaan cinta untuk saling menghormati, mengasihi, menyayangi semua makhluk ciptaan Tuhan. Kasih sayang adalah faktor penting dalam suatu kehidupan. Karena jika kita memiliki cinta namun tidak berdasar pada kasih sayang, maka seseorang tersebut tidak mengerti apa itu cinta yang sesungguhnya, cinta terhadap makhluk ciptaan Tuhan. Maka perasaan cinta harus didasari oleh kasih sayang atau belas kasih.
sumber : 
http://cdn.attackofthecute.com/September-07-2012-20-31-45-kjh.jpg