Rabu, 28 Oktober 2015

Internet of Things (IOT)





      Semakin berkembangnya kemajuan teknologi saat ini, sangat membantu kebutuhan manusia untuk lebih cepat dan tepat dalam mengerjakan tuganya. Penggunaan internet saat ini bukan lagi sebagai kebutuhan tambahan dalam menjalankan suatu tugas, tetapi sebagai kebutuhan pokok yang harus dimiliki seseorang untuk mempermudah seseorang mengerjakan tugasnya. Ini dapat terlihat dalam segala bidang pendidikan, transportasi, industrial, energy dan juga hal lainnya untuk meminimalisasi human error. Dengan adanya penggunaan internet mempermudah siapa saja untuk meng-share informasi yang dimiliki dan mendapatkan informasi dengan sangat cepat dan mudah.
    Kemajuan suatu Negara atau suatu kota disuatu Negara juga juga dapat diliat dari kemajuan internet acces dari kota atau Negara tersebut. Dengan adanya kecepatan jaringan internet di daerah tersebut, membantu menyelesaikan berbagai masalah yang ada di daerah tersebut.
Dengan melihat beberapa hal inilah, pengembang-pengembang teknologi memperkenalkan berbagai divice yang  memberikan kemudahan yang disebut dengan ‘smart’. Contohnya smart glass, smart phone, smart car, dan sekarang bahkan akan adanya smart city.
      Sesuatu dengan namanya smart city, dimana suatu kota akan dikatakan ‘smart’ karena terhubung dengan suatu jaringan internet luas dimana semua data pribadi dari masyarakatnya, pemerintahannya, tata kotanya dan segala hal tentang kota  tersebut akan tersimpan dalam suatu data base dan dapat dengan mudah dishare dalam bentuk informasi bagi setiap yang membutuhkan.
     Ide awal Internet of Things pertama kali dimunculkan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kemudian istilah ini mulai terkenal melalui Auto-ID Center yang berada di MIT. Konsep dari Internet of Things ini sendiri memanfaatkan sebuah argumentasi pemrograman yang setiap perintah argumennya ini akan menghasilkan interaksi antara benda satu dengan benda lainnya yang akan terhubung secara otomatis dalam berbagai jarak.Kini banyak perusahaan besar mulai mendalami Internet of Things sebut saja Intel, Microsoft, Oracle, dan banyak lainnya.
     Dengan demikian Internet Of Things (IOT) suatu evolusi teknologi diamana setiap handphone, rumah dan applikasi akan terhubung melalui jaringan internet, dimana  datanya terdiri dari setiap  elemen-elemen dari daerah tersebut  seperti masyarakatnya, pemerintahan, tata kota, industrial, energy, dan seluruh divice yang digunakan. Ini artinya akan tercipta suatu hubungan antar perangkat (divice)  yang menciptakan kecerdasan system dari system yang lain.
     Kecerdasan system dari system yang lainnya ini bisa dilakukan share dengan cluod dan data tersebut akan di  analysis. Ini akan menjadi tranformasi dari bisnis kita, kehidupan kita, dan dunia kita yang  dengan pemecahan masalah yang tidak terhitung.  

      Dalam benda yang berteknologi Internet of Things biasanya akan disisipkan prosesor untuk sensor dari setiap divice dan komputer mini berbentuk papan agar dapat membuat benda ini terhubung dengan benda lainnya. Sensor ini akan terhubung dengan setiap divice yang kita gunakan seperti, mobil, smartphone, CCTV, smart gear, GPS, pemutar music, lampu, kulkas, dan lain sebagainya. Keterhubungan setiap divice akan memberikan kita pemberitahuan melalui e-mail atau sms pada gadget yang kita.
      Dengan adanya Internet Of Thing, dengan kita dapat menghemat pengeluaran, dan waktu yang kita gunakan untuk mengerjakan suatu hal, contohnya dalam hal industrial para pengusaha dapat mengemat waktu dan pengeluaran karena terhubung dengan internet untuk proses produksi yang lebih cepat, dengan biaya pengeluaran yang rendah.
     Suatu kota yang telah terintegrasi dengan IOT akan lepas dengan adanya kemacetan karena adanya suatu kecelakaaan, karena setiap mobil akan terhubung keinternet dimana setiap monitor CCTV jalan akan memberikan informasi menggunakan cloud yang kemudian dishare kepada pengguna lainnya untuk mengambil jalan lain. Selain itu IOT juga dapat digunakan untuk memonitori kesehatan kita dan  keluarga kita, mempermudah administrasi saat masuk dan keluar dari rumah sakit, menjaga keamaan rumah saat  kita diluar, memberitahukan tentang  jadwal kita, kebutuhan rumah  kita yang telah  habis, mencari parker mobil, dan juga dapat mendeteksi keberadaan kita ketika kita memasuki ruang kerja kita dan juga rumah kita.
        Kamajuan teknologi ini selain akan memberikan kita kemudahan, tetapi juga akan memberikan kita permasalahan yang lain. Sepertinya keamanan dari setiap  data yang seluruhnya telah terintegrasi bukan hanya dengan suatu computer tetapi telah terhubung dengan suatu jaringan internet. Artinya harus diciptakan keamanan yang tebal dan kuat dari para hecker maupun crecker.



Referensi :